Profil Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unila

Menyadari tanggung jawab mahasiswa dalam mengembangkan almamater dan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diwujudkan melalui aktivitas dan kreativitasnya dalam mengembangkan teknologi di bidang ketekniksipilan, untuk menciptakan mahasiswa yang kreatif dan berwawasan luas serta peka terhadap lingkungan di dalam dan di luar kampus. Untuk Mewujudkan tujuan diatas maka perlu dibentuk suatu wadah untuk mengmbangkan potensi yang ada pada Mahasiswa sebagai intelek muda yang berkeahlian dan berketerampilan dengan menggali kemampuannya menata peran secara kritis, dinamis, dan bertanggung jawab. Implementasi pendirian wadah tersebut adalah dengan dibentuknya Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (Himateks).

 

Lambang Himateks :

hima250px1.png

Arti Lambang :

  1. Lingkaran warna hitam dengan 2 buah garis pendek vertikal dan 2 buah garis pendek horizontal berbentuk seperti target adalah suatu perwujudan dari kefokusan serta yang membentuk target sasaran  melambangkan Himateks mempunyai tujuan yang mendasar dan apabila garis diperpanjang maka akan membentuk tanda positif dan memberi makna dengan tekad yang bulat Himateks mempunyai tujuan yang positif dalam membangun dan memajukan Teknik Sipil.
  2. Warna dasar kuning adalah bentuk dari mayoritas warna peralatan di bidang ketekniksipilan.
  3. Angka 5 yang menyerupai huruf ‘S’ terbentuk dari huruf U dan L melembangkan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lampung dan adanya lima kosentrasi didalamnya dengan biru sebagai warna dari Fakultas Teknik.
  4. Pada huruf S “Batang Horizontal” melambangkan ilmu pasti sedangkan “elips” melambangkan ilmu rekayasa atau non-eksas sebagai sinergi antara dua ilmu yang berbeda.

 

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Lampung didirikan di Bandar Lampung, 11 Januari 1993 dan Berkedudukan di Gedung E Lantai 1 Fakultas Teknik Unuversitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1  Gdg. Meneng Bandar Lampung.

Himateks Unila merupakan lembaga non-struktural koordinasi dari Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Lampung.

Himateks Bertujuan:

  1. Membina insan akademis, terutama mahasiswa sebagai kaum intelektual, pengabdi yang bermoral, bercita-cita luhur, pencita dan menjunjung tinggi nilai kebenaran dan berorientasi  masa depan serta bertanggungjawab kepada Tuhan Yang Maha Esa, almamater, bangsa dan negara.
  2. Memberikan pelayanan pendidikan, pembinaan, dan melakukan kontrol sosial secara kritis, dinamis, dan konstruktif serta bertanggung jawab.
  3. Membina kader Mahasiswa yang berkualitas dan berketerampilan, penguaasaan, keilmuan teknik sipil.
  4. Menciptakan ikatan yang kuat dan rasa persaudaraan antara civitas akademika dan alumni jurusan Teknik Sipil Unversitas Lampung.
  5. Berperan aktif menjadi partner jurusan teknik sipil Unila dalam menciptakan visi dan misi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Lampung.

 

 

 

*Berdasarkan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk Teknis Himateks Periode 2017-2018