Home » Event » The 4th Civil Brings Revolution

The 4th Civil Brings Revolution

1518156233808

Rangkaian kegiatan The 4th Civil Brings Revolution, 9-14 April 2018 terdiri dari :

1. National Seminar

2. National Concrete Competition

3. National Pavement Competition

4. Short Movie Competition

5. Photography Competition

6. Blood Donation

7. CBR Fair dan Bazaar

8. CBR Fest

 

A. Latar belakang

Universitas merupakan wahana strategis dalam upaya membentuk kader masa depan bangsa yang berkualitas. Melalui kegiatan akademisnya diharapkan dapat menghasilkan generasi masa depan bangsa yang dapat memahami dan mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat sesuai bidang ahlinya. Di sisi lain, kegiatan organisasi mahasiswa merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya perguruan tinggi untuk menghasilkan generasi yang berkualitas.

Dalam hal organisasi mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HIMATEKS) merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak secara nyata untuk mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik dalam mengaktualisasikan potensi diri baik keilmuan, kepemimpinan, keorganisasian, maupun kemasyarakatan. Oleh karena itu, HIMATEKS Unila mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah didapat dalam sebuah kegiatan yang disebut :

“The 4th Civil Brings Revolution (CBR)”

Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HIMATEKS) Universitas Lampung sejak tahun 2014. Pada tahun ini, kegiatan CBR merupakan event yang ke-empat kalinya dengan mengusung tema “Save Nature, Keep Future”. Tema ini diangkat karena melihat keadaan saat ini dimana penggunaan teknologi ramah lingkungan semakin diminati, salah satunya di bidang teknologi pembangunan. Untuk itu, mahasiswa diharapkan dapat mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan, baik dalam bentuk pengembangan bidang keilmuan ataupun dalam bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Potensi mahasiswa Teknik Sipil Universitas Lampung saat ini perlu dikembangkan mengingat tantangan pembangunan infrastruktur di Provinsi Lampung sangat tinggi. Dengan demikian, sikap kemandirian mahasiswa Teknik Sipil dalam mengambil peran dalam proses pembangunan menjadi kebutuhan yang penting di masa yang akan datang. Untuk mewujudkan keinginan – keinginan tersebut di atas, kegiatan CBR diharapkan mampu membangun sinergisitas antara Mahasiswa dan Civitas Akademika serta semua pihak yang terkait dengan kegiatan ini.

 

B. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari The 4th Civil Brings Revolution (CBR) antara lain:

1. Menumbuhkan semangat kreativitas dan inovasi mahasiswa Teknik Sipil.

2. Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)

3. Ajang pengembangan bidang keilmuan dan promosi bidang Teknik Sipil kepada generasi muda pada umumnya dan mahasiswa Teknik Sipil pada khususnya dalam mengaplikasikan disiplin ilmu yang diterima di bangku pendidikan.

4. Membudayakan teknologi konstruksi ramah lingkungan.

5. Memberdayakan dan mengembangkan potensi leadership dan teamwork mahasiswa Teknik Sipil.

6. Memperkenalkan program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HIMATEKS) Universitas Lampung ke masyarakat luas.

7. Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa Teknik Sipil.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *